Bojongkokosan. Yang Terabaikan Part 1

19.40 0 Comments



Tahun 1945 adalah tahun yang sangat bersejarah, karena saat itulah negara kita tercinta memproklamirkan kemerdekaannya. Tapi, mengingat Perang Asia Pasifik yang belum selesai menjadi kendala bagi NKRI untuk benar-benar “bebas-lepas”,  karena kedatangan pasukan Sekutu yaitu Inggris dan membawa Belanda dengan niat ingin menguasai kembali tanah Nusantara.

                Sikap rakyat yang saat itu menerima dengan baik kedatangan Sekutu, karena “niat” asalnya adalah untuk melucuti tentara Jepang dan Memulangkan kembali tawanan perang yaitu orang Belanda. Tapi reaksi masyarakat langsung berubah saat mengetahui mereka membawa Belanda kembali ke sini, dan diiringi oleh penguasaan Belanda terhadap Ibu Kota Jakarta yang memaksa Pemerintahan Indonesia yang saat itu masih sangat muda berpindah tempat ke Yogyakarta.

                Dan setelah menguasai Jakarta, mereka juga ingin memperluas sampai ke Bandung. Dan satu-satunya jalan yang menghubungkan Jakarta dengan Bandung adalah Bogor-Sukabumi-Cianjur (saat itu belum ada  tol :D). 

Pada 21 November 1945, dengan menggunakan kereta api. Melalui Cikampek, Sekutu di Jakarta ingin mengirim logistik ke Bandung dengan dikawal pasukan Gurkha.

                Kereta ini dihadang oleh TKR, semua pasukan Gurkha tewas dan barang bawaannya dirampas dari kereta. Peristiwa ini yang membuat Sekutu berunding dengan Perdana Mentri Sutan Sjahrir dengan persetujuan logistik harus dikawal TKR. Tapi percuma, Sekutu sering melanggar.


Alih-alih ingin menguasai Bandung, konvoy illegal mereka yang penuh dengan persenjataan modern dan artileri yang mumpuni dipantek oleh TKR di daerah Bojongkokosan. Tepatnya tanggal 9 Desember 1945.

Pengerusakan Jalan yang dilakukan oleh TKR source:google image

 
Tentara Inggris tidak hanya terdiri dari orang bule saja, melainkan juga dari koloni mereka di India. Dibuktikan oleh kehadiran tentara Gurkha (Koloni Inggris di India).
Pengrusakan jalan membuahkan hasil, Pasukan Inggris tertahan dan tidak bergerak saat jam 3 sore.

Ray19

As a ’Sundanese, we must do anything like a real Sundanese.’Urang Sunda’Kudu Nyunda. kos nu bener we Inggris na :D

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html