Font Aksara Sunda versi Unicode

02.59 0 Comments

 Assalamualaikum Wr.Wb

Banyak sekali bahasa daerah di Nusantara yang mempunyai aksara-aksara khusus untuk menuliskannya. Pada zaman dahulu saat sistem monarki atau kerajaan masih memecah belah nusantara, Bahasa Sanskerta yang ditulis dengan Huruf Pallawa begitu populer digunakan. Sampai-sampai banyak artefak peninggalan zaman tersebut yang menggunakannya.

Prasasti Ciaruteun Menggunakan Bahasa Sansekerta

Saat ini, banyak sekali bahasa daerah yang tersebar di setiap wilayah di seluruh Indonesia. Dan salah satunya adalah bahasa "kebangsaan kedua" dan kebanggaan kita, Basa Sunda.
Pada zaman modern ini, Basa Sunda sering ditulis dengan Aksara Latin. Padahal pemerintah sempat melalui kurikulum pendidikan menerapkan bahasa daerah dan tulisannya (jika ada) di sekolah-sekolah.
Tapi, sekarang setelah adanya Kurtilas bahasa daerah ditiadakan (pengalaman saya). Entah kenapa, padahal banyak diantara siswa-siswi di sekolah saya yang tidak bisa atau bahkan tidak tahu mengenai ilmu bahasa daerah. 

Disini saya mengajak uwa-uwa agar mau dan peduli terhadap bahasa daerah, dimana disini saya memposting tentang Font aksara sunda.

Link download font diambil dari kariaga.com semoga bermanfaat bagi uwa-uwa. free dan tidak di password


Cara Pemasangan/Install Font :
  • Download file dari link diatas
  • Buka folder tempat file itu berada
  • Extract file
  • Buka Folder "Aksara Sunda Unicode", lihat folder font lalu pilih "SundaneseUnicode-1.0.5.ttf"
  • Buka lalu install seperti biasa.
Mohon dibaca file .pdf yang ada karena disana terdapat tutorial pemakaiannya.


Hatur Nuhun :D

Wassalamualaikum Wr.Wb

source : 
kariaga.com
www.liezmaya.web.id

Indonesian Version

Ray19

As a ’Sundanese, we must do anything like a real Sundanese.’Urang Sunda’Kudu Nyunda. kos nu bener we Inggris na :D

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html